Kamis, 12 Desember 2013

BI Sudah Temukan Dua Merchant Penjual Mata Uang 'Sakti' Bitcoin

Ihsan Uddin     10.26    

Jakarta - Bank Indonesia (BI) sengaja membentuk tim khusus untuk menelusuri segala transaksi yang menggunakan mata uang 'sakti' Bitcoin. Bank sentral pun telah menemukan dua merchant yang memperdagangkan uang digital ini.

"Sejauh ini BI telah menemukan dua merchant yang sudah menawarkan penggunaan Bitcoin. Tapi di luar Jawa semua," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi Johansyah kepada detikFinance, Rabu (11/12/2013).

Bitcoin merupakan mata uang digital yang diperkenalkan di dunia pertama kali pada 2009 oleh seorang tak dikenal yang menggunakan nama alias Satoshi Nakamoto.

Dalam transaksi Bitcoin, tidak menggunakan perantara, atau tanpa bank. Selain itu, tidak ada komisi atau biaya administrasi untuk tiap transaksi. Setiap pembeli juga tidak perlu memberikan nama asli.

Dikatakan Difi, BI mencari lebih jauh perihal Bitcoin dari sisi legalitas dan landasan hukum di Indonesia. Hal ini juga sebagai bentuk perlindungan nasabah. 

"Kita ingin lihat landasan hukum penggunaan Bitcoin ini sebagai alat pembayaran," katanya.

"Jangan sampai ada nasabah nanti yang merasa kecewa karena menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksi," imbuh Difi.

Seperti diketahui, beberapa otoritas di berbagai negara tengah dihebohkan oleh munculnya sejenis mata uang baru bernama Bitcoin. Mata uang ini digunakan untuk membeli berbagai macam jenis barang secara internasional dari ponsel sampai mobil.

Grup Facebook BitCoin Indonesia: BitCoin Indonesia



Sumber:
http://finance.detik.com/read/2013/12/11/133331/2438813/5/bi-sudah-temukan-dua-merchant-penjual-mata-uang-sakti-bitcoin?f990101mainnews

4 komentar :

  1. mana website mercant nya? apa baru mau buka gitu

    aku tunggu gan walking nya di blog baru ku di maywapblog dot blogspot dot com
    semoga di terima dan gak nyepam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belom di publised, masih di rahasiakan. Kita lihat saja nanti, :-)

      Blog walking, done... Jadi follower ane ya gan.. :-D

      Hapus
  2. sebenernya sih BI aja nih yg bikin rusuh,, org semua org juga santai-santai aja dgn Bitcoin, soalnya klo masy pke BTC nnti uang BI gk laku.. dan BI gk bisa memperbudak kita lgi :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. BI khawatir karena Bitcoin tidak ada payung hukumnya, harga sewaktu-waktu bisa tinggi dan bisa melorot drastis. Orang yg punya pun rawan kehilangan, karena nyimpannya hanya di WALLET, rawan kena HACK.

      Hapus

© 2011-2016 Bisnisiana | Designed by Bloggertheme9